Thank You..

Welcome!!
Thanks for visit my blog, subscribe me on facebook..
Sama-sama belajar nulis yuk, dan jangan lupa komentarnya yah bagi yang udah mampir.. (^.^)

Jumat, 12 November 2010

TUGAS 1 : TEORI ORGANISASI UMUM 1

PGRI
(Persatuan Guru Republik Indonesia)
  • Pengertian Guru :

Guru berasal dari bahasa sansekerta yang berarti guru, namun secara harfiah berarti berat. dalam bahasa Indonesia guru umumnya merujuk pada pendidik professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, mengarahkan, membimbing, menilai, melatih dan mengevaluasi peserta didik dalam konteks tersebut yakni siswa.

Dalam definisi yang lebih luas, setiap orang yang mengajarkan suatu hal yang baru, dapat juga dianggap sebagai guru. Bisa dibilang profesi sebagai guru ini merupakan profesi yang harus dicontoh oleh setiap orang karena apabila tidak ada guru mungkin manusia buta akan hal pengetahuan.

Berikut ini juga peran yang dapat dianggap sebagai guru :

  1. Dosen
  2. Mentor
  3. Totur
  4. Tentor

  • Organisasi PGRI

Dengan jumlah guru yang ada di negara Indonesia akhirnya para guru-guru tersebut berkumpul menjadi suatu wadah yang didalam tujuannya menjadikan masyarakat Indonesia tahu akan ilmu pengetahuan, akhirnya dibuat suatu organisasi guru yang dinamakan PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia), yang mulai didirikan pada tahun 1945 dengan tokoh dan pelopornya adalah RH. Koesnan, ketua umum PB PGRI. Organisasi ini lahir setelah 100 hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. di Surakarta pada tanggal 25 November 1945.

  • Tujuan PGRI
  1. Dengan didirikannya PGRI, maka PGRI mempunyai beberapa tujuan, yaitu :
  2. Membela dan mempertahankan Republik Indonesia (organisasi perjuangan).
  3. Memajukan pendidikan seluruh rakyat berdasar kerakyatan (organisasi pendidikan PGRI sama dengan EI : "education as public servis).
  4. Membela dan memperjuangkan nasib guru khususnya dan nasib buruh pada umumnya (organisasi ketenagakerjaan).

sumber : wikipedia PGRI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarnya dong gan.. & makasih buat yang komen :)