Thank You..

Welcome!!
Thanks for visit my blog, subscribe me on facebook..
Sama-sama belajar nulis yuk, dan jangan lupa komentarnya yah bagi yang udah mampir.. (^.^)

Sabtu, 08 Oktober 2011

Perkembangan Teknologi Penyimpan Data


PENDAHULUAN
       Tempat untuk menyimpan sejumlah data dari hasil dari input disebut dengan media simpan elektronik atau dalam bahasa komputernya disebut drive. Drive ini berfungsi untuk memberikan alamat pada drive tersebut. Alamat drive terdiri dari satu karakter yang selalu diikuti tanda” :”.
Contoh :
Alamat Drive A : Berfungsi untuk menyimpan data kedalam disket (Floppy
disk).
Alamat Drive C : Berfungsi untuk menyimpan data program atau program
system kedalam harddisk.
Alamat Drive D : Sama dengan Hard disk
Alamat Drive E : Berfungsi untuk cd drive / CD ROM
Alamat Drive F : Berfungsi untuk eksternal hardware seperti Flash disk USB

ISI
Media Penyimpanan Magnetik (Magnetic Storage Media)
1). Hard Disk
Hard disk (hard drive atau fixet disk) media ini bersifat non-volatile, artinya dapat menyimpan data meskipun tidak ada aliran listrik. Selain sebagai penyimpanan data, hard disk juga berfungsi sebagai boot device. Hard disk merupakan salah satu jenis piringan magnetic yang memiliki kapasitas yang besar. Hard disk memiliki piringan metal yang dapat dilapisi dengan bahan yang memungkinkan data dapat disimpan dalam bentuk titik-titik. Kapasitas (kemampuan) Hard disk yang saat ini beredar dipasaran berkisar antara 20 GB sampai 40 GB, dan pada saat ini sudah mencapai > 1TB (Terra Byte).
2). Floppy Disk Drive (Disket)
Floppy disk drive (disket) merupakan memory penyimpanan yang terdiri atau satu buah platter dan dilindungi oleh penutup berbentuk kotak tipis. Floppy disk drive (disket) digunakan untuk menyimpan data dari satu computer lain. Disket berisi sebuah piringan magnetic. Pembacaan dan penulisan data ke piringan magnetic dilakukan melalui head yang akan menempel kepermukaan piringan.



PENUTUP

       Dari bahasan tersebut diatas, dapat dilihat perbedaan dari hard disk dan floppy disk. Dilihat dari kapasitas penyimpanan yang jauh berbeda dari itu pula dapat dilihat perkembangan teknologi yang sangat maju pada saat ini. Bahkan sekarang ada Hard Disk external yang dapat dibawa-bawa dengan ukuran yang kecil dan kapasitas penyimpanan yang sangat besar, sedangkan Floppy Disk pada saat ini sudah tidak lagi digunakan.


Sumber : 
http://sobatbaru.blogspot.com/2008/05/media-penyimpanan-data.html

1 komentar:

Komentarnya dong gan.. & makasih buat yang komen :)